Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Remaja Indonesia



Membentuk generasi dengan rasa bela negara yang tinggi tentu harus dibarengi dengan penerapan pendidikan kewarganegaraan yang kuat. Pendidikan kewarganegaraan akan sangat menunjukkan hasil maksimal saat diberikan kepada generasi muda yang masih dalam melalui proses tumbuh dan berkembang.

Efek kurang progresif akan timbul jika pendidikan ini diterapkan kepada orang yang sudah tua. Seperti kata pepatah bahwa batang muda lebih mudah untuk dibengkokkan. Remaja menjadi sasaran yang tepat untuk penerapan pendidikan kewarganegaraan karena sifatnya yang masih dalam fase pencarian jati diri. Berikut ulasan betapa pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi remaja:

Menciptakan Generasi Muda Dengan Rasa Nasionalis Tinggi

Rasa nasionalis, cinta tanah air tidak dapat tercipta tanpa proses pembentukan terlebih dahulu. Pembentukan rasa nasionalis dapat terlaksana dengan penerapan pendidikan kewarganegaraan bagi seluruh remaja Indonesia. Remaja adalah sasaran yang penting bagi pembentukan rasa nasionalis.

Dengan jiwa muda yang penuh semangat dilengkapi dengan mempunyai rasa nasionalis akan menjadikan kemajuan bagi kehidupan negara Indonesia yang pesat. Dengan rasa nasionalis para remaja diharapkan akan mencintai negara Indonesia, paham dengan sejarah dan arah cita-cita yang dituju sesuai dengan undang-undang dasar dan pancasila.

Mencegah Pemberontakan Internal Suatu Negara

Jiwa pemberontak yang sangat besar pada diri remaja sangat perlu untuk dikendalikan. Disinilah peran pentingnya pendidikan kewarganegaraan akan menjadi peredam bagi jiwa-jiwa remaja ini. Jika tidak diberikan pendidikan kewarganegaraan terarah tidak mustahil bahwa kebijaksanaan yang diambil pemerintah akan menjadi bualan saja karena ditolak mentah-mentah oleh generasi mudanya.

Kemajuan negara Indonesia akan mengalami masalah yang serius. Para remaja yang seharusnya menjadi pasukan paling depan untuk meraih kejayaan menjadi pasukan penghalang utama tanpa penerapan pendidikan kewarganegaraan.

Pemahaman Akan Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Dalam kehidupan bernegara, setiap penduduk di semua usia haruslah paham dan mengerti tentang hak dan kewajibannya. Termasuk didalamnya penduduk golongan usia remaja. Membiarkan remaja hidup tanpa diberikan pendidikan kewarganegaraan sama halnya dengan membiarkan api menyala dalam sekam.

Remaja adalah aset penentu kesuksesan masa depan suatu negara. Tidak khayal jika remaja yang tanpa dibekali dengan pendidikan kewarganegaraan akan tumbuh menjadi golongan penuntut hak tanpa menjalankan kewajiban sebagai warga negara yang baik.
Pemahaman Menyeluruh Tentang Ideologi Negara

Pentingnya pendidikan kewarganegaraan akan menjadikan generasi yang paham akan ideologi negara mereka. Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945.

Di dalam kedua sumber ideologi negara Indonesia tersebut telah jelas disebutkan tentang dasar negara, cita-cita dan norma yang mengatur. Remaja yang paham akan ideologi negara mereka akan menjadi senjata yang kuat dalam meraih keberhasilan membentuk tatanan masyarakat yang paham dengan seluk beluk negara mereka.

Mempermudah Proses Memajukan Kehidupan Bernegara

Membahas tentang pentingnya pendidikan kewarganegaraan khususnya bagi remaja tentu akan kita dapati suatu alur bahwa semakin paham suatu generasi tentang negaranya maka akan semakin mudah pula pencapaian kemajuan negara tersebut. Kemajuan dalam setiap aspek kehidupan suatu negara akan tergantung pada generasi muda mereka. Generasi dengan semangat pembangunan yang tinggi dan inovasi-inovasi cemerlangnya.

Pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi suatu bangsa akan menjadi arah penentu keberhasilan suatu negara tersebut. Oleh karena itu pendidikan kewarganegaraan menjadi pelajaran wajib yang harus diberikan baik dalam pendidikan formal maupun non formal.

Pendidikan kewarganegaraan yang telah disiapkan dalam kehidupan sehari-hari akan menjadi keyakinan yang tertanam dan dasar dalam bertingkah laku dalam kehidupan. Sehingga keberhasilan dan kejayaan negara akan sangat bergantung pada pentingnya pendidikan kewarganegaraan yang ditanamkan sejak dini kepada seluruh warga masyarakatnya.




Post a Comment

0 Comments