Mengenal Fungsi Ideologi Pancasila Dalam Bernegara

Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik dengan Pancasila sebagai dasar negaranya. Selain sebagai dasar negara kedudukan Pancasila juga sebagai lambang ideologi negara Indonesia. Ideologi Pancasila adalah kumpulan norma-norma (nilai-nilai) yang berdasarkan pada sila-sila Pancasila. 

Ideologi sendiri cenderung untuk “memisahkan” kita dari mereka-mereka, sedangkan ideologi berfungsi untuk mempersatukan “sesama” kita. Makna Ideologi sebagai semua pandangan, cita-cita, nilai dan keyakinan yang ingin diwujudkan dalam kehidupan yang nyata. Oleh karena itu ideologi sangat diperlukan dalam kehidupan bernegara karena bisa membangkitkan kesadaran terhadap arti kemerdekaan. Adapun fungsi ideologi Pancasila dalam kehidupan bernegara adalah sebagai berikut:

Pancasila sebagai Dasar Negara

Negara Indonesia dibangun atas dasar suatu landasan (pijakan) yaitu Pancasila yang merupakan sumber kaidah hukum. Sumber kaidah hukum ini yang mengatur negara Indonesia termasuk semua unsur-unsur pemerintahan, wilayah dan rakyat. Dengan begitu fungsi ideologi Pancasila disini adalah sebagai dasar pijakan penyelenggaraan kenegaraan dan seluruh kehidupan negara Indonesia.

Sebagai dasar negara Pancasila mempunyai arti untuk mengatur semua penyelenggaraan pemerintahan. Sebagai konsekuensinya Pancasila adalah sumber dari segala bentuk sumber hukum yang ada di Indonesia. Dengan begitu semua peraturan perundangan di Negara RI seharusnya bersumber kepada Pancasila.

Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Ideologi bisa diartikan sebagai ilmu tentang ide (gagasan) yang bersifat sangat mendasar. Selain itu ideologi merupakan seperangkat nilai yang kebenarannya benar-benar diyakini oleh suatu bangsa guna menata masyarakatnya. Sebagai ideologi bangsa Indonesia keberadaan Pancasila sebagai sumber hukum bukan lagi sebagai paksaan. Namun sudah mendarah daging dalam setiap sendi kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia.

Fungsi ideologi Pancasila sebagai ideologi negara adalah memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan mengarahkan bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan. Selain itu juga untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa serta menjadi standart nilai kritik mengenai keadaan negara dan bangsa.

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Pandangan hidup bangsa merupakan kristalisasi nilai-nilai yang diyakini manfaat dan kebenarannya oleh masyarakat suatu bangsa. Sehingga mampu menumbuhkan tekad guna mewujudkannya dalam sikap dan tingkah laku sehari-hari.

Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila mengajarkan masyarakat agar berperilaku sesuai dengan cita-cita moral bangsa Indonesia. Cita-cita moral inilah yang memberikan pegangan, pedoman, dan kekuatan rohaniah kepada bangsa Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Setiap bangsa pasti memiliki jiwa masing-masing yang disebut Volkgeist artinya Jiwa Bangsa (Jiwa Rakyat). Pancasila lahir bersamaan dengan keberadaan bangsa Indonesia yaitu sejak jaman dulu kala. Oleh karena itu fungsi ideologi Pancasila memberikan corak yang sangat khas dan tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia. Karena Pancasila adalah cerminan jiwa dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Pancasila juga memiliki ciri khas yang mampu membedakan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lainnya. Sila-sila yang terdapat dalam Pancasila saling berkaitan satu sama lain dan bersifat universal. Kelima sila yang terdapat dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa

Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila bisa dijadikan dasar dan motivasi dalam sikap, perbuatan, dan tingkah laku dalam bermasyarakat, berbangsa serta bernegara. Fungsi ideologi Pancasila tercermin di dalam sila-sila Pancasila yang dijadikan pegangan dan pedoman dalam pembangunan bangsa.

Selain itu Pancasila merupakan identitas diri bangsa yang akan melekat terus ke dalam jiwa masyarakat Indonesia. Pancasila tidak hanya di gali dari kepribadian masa lampau saja, melainkan diidealkan sebagai cermin kepribadian bangsa selama-lamanya. Tanpa adanya Pancasila kehidupan masyarakat Indonesia tidak akan harmonis, aman dan sentosa.

Post a Comment

0 Comments